Manfaat Asuransi

Asuransi mempunyai banyak manfaat, antara lain sebagai berikut:

  1. Asuransi melindungi risiko investasi.
    Kemauan untuk menanggung risiko merupakan unsur fundamental dalam perekonomian bebas. Bilamana suatu perusahaan berusaha untuk memperoleh keuntungan dalam bidang usahanya, maka kehadiran risiko dan ketidakpastian tidak dapat dihindarkan. Asuransi mengambil alih risiko itu. Karena asuransi menghilangkan atau mengurangi risiko, maka para usahawan dimungkinkan dan didorong untuk mengkonsentrasikan energi dan modal dalam usaha-usaha yang kreatif.
  2. Asuransi sebagai sumber dana investasi.
    Pembangunan ekonomi memerlukan dukungan investasi dalam jumlah memadai yang pelaksanaannya harus berdasarkan pada kemampuan sendiri.
  3. Asuransi untuk melengkapi persyaratan kredit.
    Kreditur lebih percaya pada perusahaan yang risiko kegiatan usahanya diasuransikan. Pemberi kredit tidak hanya tertarik dengan keadaan perusahaan serta kekayaannya yang ada pada saat ini, tetapi juga sejauh mana perusahaan tersebut telah melindungi diri dari kejadian-kejadian yang tak terduga di masa depan.
  4. Asuransi dapat mengurangi kekhawatiran
    Fungsi primer dari asuransi adalah mengurangi kekhawatiran akibat ketidakpastian. Perusahaan asuransi tidak kuasa untuk mencegah terjadinya kerugian-kerugian tak terduga, sehingga perusahaan asuransi dapat memberikan ketentraman hati bagi para peserta asuransi untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.
  5. Asuransi mengurangi biaya modal.
    Dalam rangka menarik modal ke dalam perusahaan-perusahaan yang menanggung biaya besar, maka tingkat pengembalian (return) atas modal yang telah diinvestasikan pun harus cukup besar. Dengan demikian, dalam dunia usaha yang beban risikonya tidak dapat dialihkan kepada pihak lain, pihak penanam modal lah yang bersedia menanggung risiko atas modal yang diinvestasikan.
  6. Asuransi menjamin kestabilan perusahaan.
    Perusahaan-perusahaan dewasa ini menyadari arti penting sebagai salah satu faktor yang menciptakan goodwill antara kelompok pimpinan dan karyawan. Perusahaan-perusahaan tersebut telah menyediakan polis secara berkelompok untuk para karyawan tertentu dengan cara perusahaan membayar keseluruhan atau sebagian dari premi yang telah ditetapkan. Polis tersebut ditulis sedemikian rupa untuk menekankan nilai dari karyawan-karyawan yang telah mengabdi cukup lama dalam perusahaan. Adanya usaha seperti itu dari pihak perusahaan dapat merupakan stabilisator jalannya roda perusahaan.
  7. Asuransi dapat meratakan keuntungan.
    Asumsikan, misalnya suatu perusahaan cukup kuat untuk menanggung sendiri semua risiko kerugian yang mungkin dideritanya. Hal ini berarti perusahaan harus dapat menentukan berapa jumlah kerugian tak terduga yang diperkirakan akan terjadi pada masa-masa yang akan datang.
  8. Asuransi dapat menyediakan layanan professional.
    Dunia asuransi dewasa ini sudah semakin banyak yang bergerak di bidang usaha yang bersifat teknis, lebih-lebih dengan adanya perkembangan pesat dalam bidang teknologi. Usaha-usaha untuk memberikan bantuan teknis baik kepada individu maupun perusahaan-perusahaan sudah semakin disadari oleh perusahaan asuransi. Hal ini dilakukan agar perusahaan-perusahaan tersebut dapat melakukan operasinya dengan baik dan efisien.

Author Profile

Aziizah Niken
Aziizah Niken
Selain menulis disini saya juga penulis di Najans Blog. Blogger Jalanan belajar menulis artikel pendidikan, ekonomi, keuangan, kesehatan, seni dan seputar teknologi internet, web dan juga pemerhati pendidikan di Indonesia. RSS Blog

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *